Mengenal Apa itu Hackintosh?

mrfdn - Hackintosh merupakan istilah untuk melakukan instalasi sistem Mac OSX pada komputer atau laptop yang bukan produk dari Apple. Ini merupakan singkatan dari Hack Machintosh.

Cara ini banyak dilakukan orang untuk mencicipi sistem Operasi Mac OSX terbaru seperti Yosemite, El Capitan, Sierra, High Sierra, Mojave, dan Catalina. Meskipun beberapa tahun yang lalu juga sudah bisa dilakukan pada osx Lion, dan Snow Leopard misalnya.

Tetapi perkembangan jaman sudah semakin bagus. Teknologi semakin canggih. Hardware yang diciptakan semakin hari semakin baik, dan semakin banyak pilihan bagi orang untuk mendapatkan performa komputer yang terbaik.
high sierra hackintosh

Saat ini hampir semua spek komputer dan laptop bisa diinstall hackintosh.

Karena saat ini sudah banyak sekali sumber yang bisa ditemukan. Banyak blog-blog yang membahas tentang itu, dan orang share tutorial di youtube juga sudah semakin banyak.

Ada yang lengkap dengan menyertakan link downloadnya. Kalau dibandingkan beberapa tahun yang lalu bisa dibilang masih sedikit sekali bahan dan tutorial untuk menyampaikan informasi tentang ini.

Saya saat ini masih menggunakan Thinkpad X220 dan sudah mengetahui bahwa laptop ini bisa diinstall sistem mac osx. Tetapi saat itu masih kurang sekali informasi yang bisa saya dapatkan, jadi keinginan untuk install mac osx di laptop gak kesampaian.

Pengalaman install Hackintosh Mac OSX High Sierra di Thinkpad x220

Sekarang akhirnya saya sudah berhasil install hackintosh di laptop thinkpad x220 saya.

Saya riset dalam beberapa hari ini. Mulai dari cara installnya, hingga file download yang dibutuhkan. Berbagai sumber saya catat sebagai referensi, dan sudah puluhan video di youtube saya tonton selama melakukan instalasi hackintosh ini.

Jadi sebagai catatan, inilah yang harus diketahui untuk menginstall hackintosh. Siapa tahu di kemudian hari akan berguna bagi saya lagi.

Syarat install hackintosh di pc atau laptop


Yang pertama harus diingat adalah hackintosh tidak semuanya sempurna. Untuk mendapatkan yang sempurna anda harus memiliki hardware yang kompatible.

Hackintosh sangat konsen terhadap pemilihan hardware.

Jika anda ingin membangun pc dengan hackintosh, pertimbangan baik-baik motherboard dan cpu yang akan digunakan. Karena jika tidak, maka hackintosh mungkin akan gagal diinstal di pc.

Tipe instalasi hackintosh


Tipe hackintosh ada 2 macam, yaitu Distro dan Vanilla.

1. Metode distro hackintosh


Konsep dari cara ini adalah kita akan mendapatkan file instalasi hackintosh yang di dalamnya sudah termasuk (bundle) dengan beberapa software dan settingan tertentu.

Contoh distro hackintosh adalah bisa ditemukan di Hackintosh Zone dan AMD OSX, contohnya dengan nama Niresh.

Kelebihannya adalah metode ini sangat cocok untuk pemula, seperti saya. Paket yang disertakan dalam file install adalah bootloader (seperti clover) dan driver (kext) yang sudah disesuaikan dengan mesin. 

Terdapat beberapa settingan yang sudah disesuaikan dengan hardware, jadi tinggal install dan pakai saja.

Cara installnya cukup gampang untuk dilakukan.

Kekurangannya adalah untuk mendapatkan instalasi yang tidak gagal, hardware yang sudah ditentukan harus sama. Jika berbeda maka instalasi beresiko akan gagal, apalagi jika tidak ditemukan driver yang sesuai.

Distro hackintosh sangat bergantung pada file instalasi yang disediakan dengan hardware anda.

2. Metode vanilla hackintosh


Konsep dari vanilla adalah kita mendownload file instalasi mac osx langsung dari situs apple.

File instalasi yang didapatkan akan murni sebagai file mac yang sama persis yang diinstall di laptop atau komputer apple mac (imac, dan macbook).

Metode ini sangat cocok bagi anda yang memiliki spek komputer yang update dan sudah mendukung hackintosh. Minimal spek motherboard dan processor kelas atas seperti intel i7 atau amd ryzen

Cara ini sebenarnya lebih mudah dilakukan daripada distro, namun dengan syarat ::
  1. Anda memilki komputer mac untuk mendownload file instalasinya dari situs apple.
  2. Anda memiliki spek komputer yang cocok.

Untuk melihat spek komputer yang cocok untuk hackintosh, cari saja di internet, lalu beli sesuai budget anda.

Bootloader dan driver untuk komputer Hackintosh

Bootloader hackintosh

Supaya sistem bisa berjalan normal, pertama dibutuhkan bootloader untuk masuk ke sistem, untuk me-load / membaca pertama kali sistem yang dipasang di komputer/laptop.

Pada hackintosh dikenal dengan nama Clover atau clover bootloader. Ini harus diinstall. Bootloader disetting melalui clover configurator yang mana bisa dibuka setelah berhasil install hackintosh di pc.

Clover configurator biasanya sudah bundling bersama file instalasi hackintosh dengan metode distro.

Pada clover ini terdapat file yang berkaitan yaitu clover configurator. Gunanya untuk melakukan settingan terhadap bootloader saat sebelum masuk ke sistem.

Di situ kita bisa menentukan ingin masuk dengan bootflag apa, misalnya -v atau npci=0x3000 atau lain-lain.

Untuk membuka settingan clover configurator, cari di launchpad >> clover configurator. Jika tidak ada, silahkan cari di internet lalu install di sistem anda.

Driver hackintosh

Driver di hackintosh dikenal dengan istilah kext.

Kext diinstall jika dirasa sistem anda kurang stabil. Misalnya, driver vga untuk intel hd3000, maka harus cari kext vga intel hd3000. Bahkan harus disesuaikan dengan jenis laptop yang digunakan, misal Intel HD3000 pada laptop thinkpad x220 mungkin akan berbeda dengan intel hd3000 yang berjalan pada laptop dell atau hp.

Inilah kenapa orang kadang gagal install hackintosh, karena driver tidak sesuai dengan hardwarenya.

Saran untuk install hackintosh yang sempurna

Tidak ada hackintosh yang benar-benar sempurna jika tidak dilakukan dengan riset yang dalam sebelumnya. Contohnya saat ini Thinkpad x220 saya tidak bisa berfungsi wifi card nya, jadi saya menggunakan cara usb tethering dari hp android saya untuk koneksi internet di Hackintosh High Sierra 10.13.

Jika anda ingin memiliki komputer dengan sistem hackintosh yang sempurna, sangat disarankan untuk browsing terlebih dahulu.

Carilah sebanyak-banyaknya forum yang membahas hardware yang dibutuhkan untuk hackintosh.

Sebagai info bahwa saat ini support mac terhadap intel lebih banyak daripada amd. Jadi jika anda memilih hardware dengan sistem Intel anda sedikit lebih aman untuk hackintosh.

Hardware yang mahal dan terbaru belum tentu menjamin anda mendapatkan hackintosh yang sempurna. Mungkin saja  belum ada developer yang membangun settingan untuk hardware anda tersebut.

Dan cara yang paling gampang untuk mendapatkan settingan terbaik adalah dengan mengikuti build orang-orang yang berhasil dengan sistem hackintosh.

Akhir kata

Saya sudah pernah melakukan instalasi hackintosh sebelumnya, sekitar 7 tahun lalu. Waktu itu masih menggunakan laptop Acer 4740G, dan berhasil berjalan dengan normal. Bahkan melakukan trible boot, Windows, Linux dan OSX Lion (kalau gak salah). Namun laptop sudah saya jual dan tidak pernah melakukan hackintosh lagi, makanya lupa-lupa ingat. hehe.

Tulisan ini sebagai catatan saya tentang seluk beluk hackintosh. Meskipun tidak sempurna, inilah yang saya pahami. Jika anda lebih expert, silahkan berikan komentar di bawah.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang penasaran ingin install hackintosh di laptop atau komputer pc.