Apa itu Meta Mobile Legends dan Rekomendasi Hero Meta Terbaru

mrfdn - Pernahkah anda mendengar kata Meta dalam Mobile legends? Mungkin istilah ini sangat sering didengar ketika menonton video tutorial cara bermain hero mobile legend di youtube, kan!

Nah, jika anda penasaran dengan istilah tersebut, mari sama-sama belajar. Saya akan menuliskan beberapa hal yang perlu diketahui mengenai meta.

Artikel ini akan membahas tentang istilah meta, role hero tertentu, dan rekomendasi hero meta terbaik dalam tim.

Apa arti META Mobile Legend?

META merupakan istilah yang berasal dari bahasa Inggris yang artinya Most Effective Tactic Available.

Dalam menentukan meta tidak sembarang, perlu analisis yang baik tentang cara bermain dan pemahaman build hero yang cocok, serta hero-hero apa saja yang menjadi counter/lawan terhadap hero yang lainnya.

Jadi ketika anda mendengar istilah ini di video-video youtube, artinya mereka sudah mengetahui informasi apa saja yang harus dilakukan terkait dengan hero yang akan dimainkan.

Apabila sebuah hero meta jatuh ke tangan pemain yang jago memainkannya, maka itu menjadi mimpi buruk bagi tim lawan, dan malah menjadi keuntungan bagi teman satu tim.

Namun jika seorang memilih hero meta dan ternyata tidak jago memainkannya, maka bisa jadi dia akan dibully habis-habisan dalam game.

Ketika seorang player mobile legends memahami role hero tertentu, teman satu tim juga harus memahami apa yang akan dilakukan terhadap hero tersebut.

Gunakan chat untuk berkomunikasi bahwa dia akan memainkan hero A untuk role offlaner misalnya.

Nah, ketika hal ini tidak diketahui oleh tim, bisa jadi di dalam chat muncul kata-kata kasar dari player, seperti noob, cupu, dan lain-lain.

Padahal mungkin saja bukan karena tidak paham memainkannya, tetapi yang dilakukan oleh player tersebut adalah membuka jalur/map. Ini dilakukan karena player tersebut memang sudah paham tentang cara memainkan role hero tertentu dengan benar.

Jadi bermain mobile legends anda pun tidak hanya sekedar menghabiskan minion, kill lawan, menghancurkan tower, dan base lawan.


Jika memahami role player mobile legends dengan lebih baik, maka anda akan lebih cepat naik ranking mythic. Karena cara bermain player mythic benar-benar berbeda dengan cara bermain di level bawah.

Bermain Mobile legends sejatinya adalah bermain dengan strategi untuk menang.

Jenis-jenis role/peran hero dalam meta Mobile Legends

apa arti meta mobile legend
Jika anda hanya bermain mobile legends dengan memahami bahwa "untuk menang, hanya perlu kill musuh, hancurkan tower dan base" maka mungkin cara bermain anda masih standar.

Pada level-level mythic seorang player mobile legends harus memahami berbagai role setiap hero. Tetapi bukan role yang biasanya diketahui seperti marksman, tank, support, mage, fighter, melainkan role seperti semi carry, hard carry/hyper carry, offliner, observer, dan support.

Jadi dengan memahami role setiap hero maka akan didapatkan meta mobile legends terbaik.

Hard Carry / Hyper Carry

Hero dengan meta hard carry akan sangat mematikan jika bermain di late game. Dia memiliki damage terbesar dalam tim. Biasanya Hero hard carry dimiliki oleh hero assassin dan/atau marksman.

Sedangkan hyper carry adalah strategi dengan susunan 1 hero terkuat yang memiliki damage terkuat dalam tim, anda akan tahu jika membandingkannya dengan susunan strategi dengan meta hero semi carry.

Tugas hard carry adalah melakukan jungling yang banyak di early game dan mid game.

Jika ada player yang bermain marksman namun tidak sesuai harapan, dia akan dibully habis-habisan dalam tim. Makanya, biasanya hero hard carry sebaiknya didampingi atau di back-up oleh hero offliner juga.

Feeder merupakan istilah bagi player yang tugasnya mati melulu dalam game, dibully dalam tim karena mainnya noob.

Rekomendasi meta hero hard carry terbaik

Wanwan
Lancelot
Bruno
Karrie
Claude
Gussion
Ling
Granger


Semi Carry

Hero dengan meta semi carry akan sangat efektif jika bermain di awal/early dan mid/pertengahan game. Tugasnya adalah mencari gold dan exp yang sebanyak-banyaknya dengan membersihkan lane.

Role hero ini memiliki damage yang terbesar setelah hard carry. Hero semi carry disarankan diisi oleh hero dengan damage yang besar di early game.

Rekomendasi meta hero Semi carry

Natalia
Chang'e
Selena
Esmeralda
Cecilion
Lunox
Helcurt


Offlaner

Tugas hero offlaner adalah menjaga di lane atas dan bawah. Perannya cukup berat di early game, karena harus menahan musuh pada 2 lane tersebut.

Gunakan hero yang memiliki durabilitas tinggi, atau kemampuan berpindah yang baik, misalnya hero fighter dan tanker.

Hero offlaner tertentu bisa dijadikan hard carry alternatif jika marksman di tim kita kurang bagus mainnya.

Rekomendasi meta hero offlaner

Chou
Masha
Leomord
Xborg
Uranus
Thamuz


Observer

Hero yang berperan sebagai observer adalah hero pembuka map. Biasanya hero observer adalah hero-hero tanker karena tugasnya untuk memasuki area musuh, mencari tahu dimana letak musuh sehingga tim bisa mengetahui dimana posisi musuh. Jika hero observer salah memasuki tempat, bisa jadi diciduk oleh musuh. Makanya untuk role observer memang cocok diisi oleh hero tanker yang memiliki HP yang besar dan memiliki skill kabur yang baik.

Hero observer biasanya sulit untuk naik level karena dia bertugas untuk menjaga jungle dan minion, dan mengintai ke jungle musuh sambil melakukan roaming dan farming jika memungkinkan.

Rekomendasi meta hero observer

Khufra
Hylos
Grock
Atlas
Akai
Baxia


Support

Support memiliki tugas untuk membantu semua tim seperti melakukan healing, dan farming, tetapi bukan untuk nyampah.

Ada 2 tipe hero support yaitu tank support dan support murni. Hero tank support akan berada di depan tim untuk pasang badan, sedangkan support murni berada di belakang tim supaya tidak terkena damage dari lawan.

Pada early game, support bertugas untuk membantu tim membersihkan minion dan musuh di lane.

Hero support biasanya selalu berjalan berdua bersama dengan hero satu tim.

Rekomendasi meta hero support

Nana
Carmilla
Aurora
Diggie
Selena
Kaja
Valir

Akhir kata

Dengan memahami meta dan role hero tertentu seperti di atas, maka cara bermain ML anda akan jauh lebih baik.

Trik ini akan lebih baik dilakukan bersama dengan teman, bukan dilakukan dengan solo rank.

Kenapa?

Karena jika anda masih berada di ranking bawah seperti elite, master, atau grandmaster, maka resiko untuk mendapatkan player yang tidak paham cara main mobile legends yang benar akan sangat tinggi.

Orang bilang "banyak bocil yang tidak paham mainnya di sana". Yang mana akan menyebabkan peringkat anda susah naik.

Maka sangat disarankan untuk Mabar (bermain bersama) teman saja.

Semoga bermanfaat.

Meta Mobile Legends