Manfaat Menggunakan Tablet Android untuk Bekerja dari Rumah #WFH

mrfdn - Di masa masa work from home #wfh banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan secara online di rumah.

Contohnya, nonton drakor dari netflix, baca dan tulis artikel untuk blog, atau mengerjakan tugas-tugas sekolah dan kampus yang tertunda.

Nah, untuk menujang semua itu, kita butuh sebuah alat yang pas buat bekerja lebih praktis. Misalnya, hp dengan koneksi internet, laptop, komputer atau tablet android.

Pada artikel ini saya ingin membahas tetang tablet.

tablet android murah
Apa dan mengapa pakai tablet.

Tablet merupakan perangkat / gadget yang memiliki layar berukuran lebih dari 7 inch sampai 10 inch saja.


Posisinya berada antara laptop dan smartphone.

Dengan ukuran segitu, kita bisa melakukan banyak kegiatan yang tidak lebih baik dilakukan dengan hanya menggunakan smartphone saja, atau mengerjakan pekerjaan yang biasanya dilakukan menggunakan laptop namun dengan lebih portable.

Alasan menggunakan tablet

tablet android murah
Jika anda memiliki laptop, bisa jadi tablet menjadi salah satu gadget tambahan yang pas untuk bepergian namun tetap bisa nyaman mengakses dokument-dokumen penting.

Jika sekarang memiliki smartphone, tablet juga bisa menjadi salah satu gadget tambahan yang cocok digunakan untuk melakukan kegiatan yang akan lebih baik dilakukan dengan layar yang luas, seperti misalnya mengakses dan mengedit dokumen dari cloud (google doc, google sheet, dan lain-lain).

Tablet juga bisa diandalkan untuk membuat desain ilustrasi, seperti gambar vector, kartun, karakter, atau mendesain font, icon, dan lain-lain dengan lebih cepat dengan bantuan pen tablet yang biasanya ada dalam bundle tablet  yang dibeli.

Jadi tablet akan sangat cocok bagi yang memiliki hobi menggambar namun ingin tetap portable. Bekerja di manapun, kapanpun, meski bukan #wfh.

Alasan tidak menggunakan tablet


Jika anda cukup puas dengan smartphone dan laptop yang anda miliki sekarang, maka membeli tablet mungkin akan percuma.

Tablet ini fungsinya akan terasa jika pekerjaan kita akan benar-benar terasa lebih ringan.

Misalnya, jika kita sudah terbiasa memakai laptop dan menyelesaikan semua pekerjaan di laptop saja, maka tidak ada alasan lain untuk membeli tablet. Yang ada hanya buang-buang uang saja.

Siapa cocok menggunakan tablet

tablet android murah
Kalangan profesional sampai anak sekolah cocok menggunakan tablet. Siapa saja yang butuh untuk menyelesaikan pekerjaannya lebih cepat.

Profesional yang ingin melakukan pekerjaannya lebih portable, atau anak sekolah yang belum cukup duit untuk membeli laptop.

Ketika anak sekolahan atau mahasiswa menggunakan tablet di sekolah, akan lebih mudah karena tidak perlu membawa banyak buku catatan, cukup catat saja di tablet.

Lebih mudah kan!

Tips memilih tablet yang pas

tablet android samsung advan
Setelah memutuskan berbagai hal untuk membeli tablet, maka saatnya hunting tablet di toko online dan offline. Artinya anda sudah memikirkan bahwa tablet yang akan beli ini akan digunakan untuk kebutuhan pekerjaan anda.

1. Cari yang memiliki fitur pen tab


Pen tab adalah alat yang menyerupai pensil yang digunakan untuk menggambar di layar tablet.

Mirip seperti mouse, kursor di layar tablet bisa dipindahkan sesuai keinginan kita.

Pen tab ini akan bermanfaat jika anda hobi menggambar desain sesuatu dengan lebih mudah.

2. Ruang penyimpanan yang lega

tablet murah terbaik micro sd
Seiring perkembangan jaman, ukuran storage menjadi hal yang penting. Saat ini ada banyak sekali pilihan tablet dengan ukuran penyimpanan yang besar.

Saran saya cari yang memiliki ruang penyimpanan di atas 64gb dan memiliki slot micro sd untuk menyimpan data yang lebih besar.

Dengan ruang penyimpanan yang besar juga akan membuat performa gadget lebih baik. Misalnya anda ingin menonton video netflix, viu, atau tempat streaming yang lain. Biasanya kita bisa download videonya secara offline, kemudian dinonton di lain waktu.

3. Memiliki kapasitas baterai yang besar


Karena tablet digunakan untuk kebutuhan yang lama, maka kita butuh agar tablet ini bisa online seharian penuh.

Anda bisa mencari tablet yang memiliki ukuran baterai yang besar yaitu di atas 7000 mah.

4. Pertimbangkan aksesoris tablet


Dengan berbagai macam merek tablet di pasaran, anda jangan sampai membeli tablet, cari yang memiliki dukungan aksesoris yang lengkap.

Misalnya, aksesoris untuk casing, cover, keyboard, dan lain-lain.

Ini akan membuat pengalaman anda menggunakan tablet akan jadi lebih baik.

5. Pertimbangkan harga


Setelah di cek ternyata harga tablet ada yang melebihi harga laptop.

Nah disini coba lihat lagi dari fitur yang disediakannya. Pertimbangan secara matang-matang apakah fitur yang dimilikinya akan sepadan jika dibeli daripada laptop

Apakah kira-kira pekerjaan akan lebih cepat selesai dilakukan daripada menggunakan laptop?

Itu kembali kepada anda lagi.

Akhir kata


Mungkin masih banyak yang berpikir tentang apakah membeli tablet merupakan pengganti smartphone atau laptop atau malah menjadi penunjang keduanya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin membeli tablet.

DomaiNesia